Pengertian Manajemen, Fungsi, dan Tujuannya Lengkap

fasningkomtkplb.id – Saat kalian sedang membangun sebuah usaha kalian tentunya harus memikirkan manajemen yang baik agar usaha kalian bisa berjalan sesuai keinginan. Lalu apa sih pengertian manajemen itu?

Buat yang belum paham, sebaiknya kalian simak nih penjelasan mimin dibawah ini ya.

Pengertian Manajemen?

pengertian manajemen

Pengertian Manajemen adalah proses pengorganisasian, pengaturan, pengelolaan dan pengendalian sumber daya manusia untuk mencapai tujuan kegiatan. Manajemen sangat diperlukan untuk kebutuhan pribadi dan bisnis.

Manajemen dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis karena dilakukan baik secara struktural maupun prosedural. Oleh karena itu, proses manajemen akan membantu Anda untuk membuat keputusan atau kebijakan yang baik.

Umumnya, manajemen dilakukan oleh posisi yang lebih tinggi seperti pemilik bisnis hingga manajer. Hal ini karena kepemimpinan perusahaan dapat diberikan terpusat untuk beroperasi secara efektif.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa dalam praktiknya seorang pegawai juga dapat memiliki karakteristik manajerial agar dapat melaksanakan tugas dengan benar, tepat waktu dan sesuai prosedur.

Dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa kegiatan manajerial mempunyai fungsi yang penting. Menurut tokoh industrialis Prancis, ada 5 posisi manajerial yang ada di perusahaan tersebut.

Setelah kalian mengtahui pengertian manajemen, kalian juga harus tahu guys fungsi manajemen seperti berikut ini.

Fungsi Manajemen

Jika Anda diminta menjelaskan peran manajemen, berikut 5 peran manajemen yang harus Anda ketahui. Fungsi ini disebutkan oleh Henri Fayol.

Secara umum fungsi manajemen tersebut merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan sumber daya manusia hingga pengendalian.

Pada artikel ini kami akan menyebutkan fungsi-fungsi manajemen yang penting untuk diketahui.

1. Perencanaan

Perencanaan atau perencanaan merupakan salah satu dari lima fungsi penting manajemen. Manajemen berfungsi memberikan pengarahan, koordinasi dan pengendalian yang baik berdasarkan rencana yang telah ditetapkan.

Namun dalam melakukan proses pengelolaan, perencanaan yang dilakukan tidak boleh dilakukan secara mutlak. Rencana dapat berubah sesuai dengan situasi saat ini. Namun, perencanaan ini tetap penting.

Memiliki rencana dapat membuat segala sesuatunya dipahami dengan baik sehingga setiap pelaksanaan yang dilakukan memiliki standar dasar yang baik sehingga setiap langkah penting yang diambil tidak sembarangan.

Perencanaan yang baik juga memungkinkan tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan. Selain itu, perencanaan juga berfungsi untuk menyusun strategi agar lebih fokus pada ketidakpastian di masa depan.

2. Organisasi

Kami juga akan menjelaskan fungsi manajemen selanjutnya yaitu pengorganisasian (pengaturan).

Menurut Henri Fayol, pengorganisasian adalah melalui pengelolaan yang tepat atas sumber daya yang ada untuk melakukan pengaturan-pengaturan yang diperlukan agar rencana yang ada dapat dilaksanakan sesuai dengan perkiraan.

Untuk menjalankan fungsi pengaturan ini, terdiri dari 4 tingkatan. Diantaranya pembagian tugas, dalam mengarahkan ada tingkatan organisasi dan tingkatan sentralisasi. Organisasi akan membuat pelaksanaan tugas lebih efisien dan efektif.

Mengapa harus ada sistem terpusat atau terpusat? Hal ini untuk memudahkan pengelolaan organisasi. Oleh karena itu, aplikasi harus diajukan di unit terakreditasi dari tingkat tertinggi atau kepala.

Jika setiap orang memperkenalkan organisasi, tentu akan membingungkan kepada siapa mereka harus tunduk dan tugas apa yang sebenarnya mereka lakukan.

Akan berbeda jika pengorganisasian dilakukan secara terpusat sehingga memudahkan setiap orang untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana ditentukan oleh orang yang berwenang.

3. Pengarahan

Kami menyebutkan fungsi administrasi lainnya, yaitu pengarahan. Alamat juga diperlukan untuk setiap aktivitas yang melibatkan beberapa orang, seperti organisasi atau perusahaan.

Tunjukkan fungsi manajemen untuk alamat khusus ini untuk memudahkan tugas berjalan seperti yang diharapkan. Instruksi umumnya diberikan dari atas ke bawah. Misalnya, dari seorang manajer ke karyawan.

Sebutan ini diberikan kepada sumber daya manusia (human resources) yang tergabung dalam suatu perusahaan atau organisasi. Adanya pembekalan sebelumnya juga mengurangi risiko kesalahan yang dilakukan oleh karyawan.

4. Koordinasi

Tidak kalah pentingnya fungsi manajerial yang ditujukan untuk mengkoordinasikan atau menyelaraskan kegiatan. Adanya koordinasi antar departemen atau antar departemen akan memudahkan tercapainya tujuan perusahaan.

Koordinasi yang baik dicapai melalui interaksi yang efektif dengan rekan kerja atau bawahan. Interaksi ini harus harmonis dan dalam semangat kekeluargaan. Dengan demikian, para anggota perusahaan dapat melakukan kerjasama tim dengan baik.

Adanya koordinasi ini ditandai dengan dibentuknya pertemuan-pertemuan berkala untuk mencari solusi atas permasalahan yang timbul di perusahaan. Selain itu, fungsi koordinasi juga berguna untuk memudahkan tercapainya kesepakatan sesuai impian bersama.

5. Kontrol

Fungsi manajemen lainnya adalah perintah atau kontrol. Pengendalian juga termasuk dalam fungsi manajemen yang tidak boleh diabaikan.

Pengendalian bertujuan untuk memantau proses berjalannya suatu kegiatan. Selain itu, fitur ini juga berguna untuk memastikan semua aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan berjalan dengan lancar.

Memiliki kontrol juga membantu dalam membuat perusahaan lebih berkembang. Hal ini dikarenakan pengendalian akan mencegah resiko kerugian yang mungkin terjadi. Setiap pekerjaan akan dipantau dengan cermat untuk memastikan apakah sesuai dengan standar atau tidak.

Selain itu, dengan kontrol ini Anda dapat melihat peringkat seperti apa di masa mendatang. Hal ini dikarenakan setiap kegiatan yang akan dilakukan akan selalu memiliki permasalahan dan kendala yang akan dihadapi.

Berdasarkan hasil pemantauan, dimungkinkan untuk menganalisis cara terbaik untuk memecahkan masalah.

Jenis-Jenis Manajemen

Setelah diketahui fungsi-fungsi manajemen maka dapat diketahui bahwa manajemen dalam pelaksanaannya mengandung berbagai unsur cara mengelola suatu usaha dengan baik dan benar.

Ini semua bisa dilihat dari pembagian jenis manajemen seperti yang dijelaskan pada lima peran manajemen di atas. Jenis-jenis pekerjaan manajemen adalah sebagai berikut:

  • Perencanaan: Jenis ini memiliki kegiatan yang ditujukan untuk menentukan arah masa depan perusahaan. Setiap keputusan yang diambil akan menjadi dasar bagi strategi yang akan diterapkan. Evaluasi kemudian dilakukan untuk menilai efektivitas rencana.
  • Organisasi: Jenis manajemen ini dilakukan dengan partisipasi banyak orang yang terkait dengan perusahaan. Baik bagian internal maupun eksternal perusahaan. Misalnya, personel subkontrak yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Tipe manajemen untuk menyiapkan sumber daya manusia perusahaan: Pekerjaan sudah menjadi manajemen perusahaan. Misalnya dalam bidang peningkatan atau pengembangan keterampilan, proses rekrutmen, dan sebagainya. Pentingnya peningkatan sumber daya manusia dalam perusahaan agar perusahaan berkualitas karena manusia adalah mesin perusahaan.
  • Arahan: Pada tipe ini, manajemen perlu mempersiapkan para pekerjanya agar mereka dapat melakukan tugas mereka dengan baik sesuai prioritas. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi seputar tugas dan fungsi yang diemban agar tidak tumpang tindih.
  • Pengawasan: Saat menjalankan fungsi manajemen, pengawasan diperlukan untuk memastikan bahwa pekerjaan selesai tepat waktu dan prosesnya sesuai dengan standar yang berlaku.
  • Koordinasi: Hal ini dilakukan melalui interaksi dengan orang-orang yang terkait dengan perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan dari pekerjaan ini adalah agar persaingan internal perusahaan menjadi lebih sehat dan produktif.
  • Pelaporan: Bertanggung jawab untuk mendokumentasikan semua kemajuan yang dicapai oleh perusahaan yang kemudian dapat dievaluasi secara keseluruhan (evaluasi). Tugasnya adalah memperbaiki apa yang perlu diperbaiki dan memperbaiki kesalahan.
  • Penganggaran: Jenis fungsi manajemen juga tidak terlepas dari penganggaran yang juga termasuk dalam proses perencanaan. Tugas manajemen perusahaan perlu mempersiapkan keuangan dengan baik untuk menilai apakah tujuan telah tercapai atau belum.
  • Instruksi: Jenis manajemen ini berguna untuk memberi perintah atau memberikan tugas kepada seseorang sesuai dengan pengalamannya. Jadi, Anda berhasil menyelesaikan tugas. Fungsi ini juga tidak terlepas dari fungsi pengawasan dan koordinasi.
  • Motivasi: Fungsi manajemen dalam perusahaan perlu membangkitkan motivasi. Motivasi sangat membantu dalam membuat kinerja karyawan menjadi lebih sempurna. Contoh motivasi adalah lingkungan yang nyaman, gaji yang sesuai, bonus, dll.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian manajemen lengkap dengan fungsi dan juga jenisnya. Semoga kalian bisa memahami penjelasan mimin ya guys.